06 Maret 2023 /
103 Viewers

Kegiatan riset

Kegiatan riset merupakan basis kami melakukan advokasi dan pengembangan masyarakat. Riset yang dilakukan tidak semata-mata berpedoman pada kajian akademik dengan rigiditas metode, tetapi juga melalui observasi lapangan yang dilakukan secara terjadwal maupun tidak oleh tenaga-tenaga lapangan yang kami miliki. Hasil observasi lapangan menjadi bahan diskusi ditingkat lembaga untuk memperbaiki pendekatan dalam advokasi maupun pengembangan masyarakat. Melalui riset menyediakan kami informasi tentang konteks dan permasalahan masyarakat baik secara sosial, ekonomi, budaya, politik dan lingkungan serta bagaimana kebijakan yang ada dan mempengaruhi kehidupan masyarakat diwilayah dampingan kami. Pemahaman terhadap konteks tersebut sangat membantu kami bagaimana mendaratkan program untuk pengembangan masyarakat.

Sejauh ini kami telah membantu pemerintah daerah, khusus Bappeda Sumba Timur dibidang pendidikan khususnya dalam hal menilai efektivitas pemanfaatan anggaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Selain membantu pemerintah daerah, kami membantu LSM lokal dalam mendaratkan program mereka melalui sebuah kegiatan baseline study maupun melakukan evaluasi akhir terhadap pelaksanaan program melalui endline study. Sebagaimana yang sudah kami kerjakan bersama-sama Sumba Integrated Sumba Developmnet (SID).